Minggu, 24 Juli 2011

ASAL USUL KOTA KALINYAMATAN

Asal-usul Kecamatan Kalinyamatan, Kalinyamatan Jepara dari pemekaran Kecamatan Pecangaan.
Asal mula nama Kalinyamatan diambilkan dari nama Ratu Kalinyamat. Karena daerah Kalinyamatan merupakan bekas Kerajaan Kalinyamat, dengan dibuktikan banyaknya reruntuhan seperti benteng yang mengelilingi beberapa Desa di daerah Kalinyamatan diantaranya Robayan, Kriyan, Bakalan, Margoyoso, Purwogondo,sendang peninggalan lain seperti siti inggil Ratu Kalinyamat di Desa Kriyan Kalinyamatan,.
Menurut cerita nenek ke cucu ke cucu sampai beberapa generasi sampai sekarang,  ceritanya ketika Ratu Kalinyamat sedang sedih, susah maka beliau menghibur diri dengan berjalan keliling istana dengan menaiki kereta kencana yang berjalan diatas benteng yang ketebalan tembok benteng tersebut mencapai 4 meter sehingga bisa di lalui oleh kereta kencana beliau, peninggalan lain berupa sitinggil di Desa Kriyan.
Desa Kriyan merupakan pusat kerajaan pada waktu itu dengan berdirinya sebuah Masjid (Al- Ma’mur) selain itu di Desa Kriyan waktu itu banyak dihuni orang- orang penting dan kaum bangsawan. Karena suami dari ratu Kalinyamat adalah keturunan china, maka di daerah Kriyan banyak warga China, namun sekarang mereka sudah pindah daerah lain, namun kerajinan monel yang diwariskan sampai sekarang masih terkenal sampai keluar negeri.
Pada pemerintahan Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin  pembangunan  kerajaan mengalami kemajuan yang sangat pesat  di berbagai bidang antara lain agama Islam, Sosial, Pertahanan dan Keamanan, serta kebudayaan terutama seni ukir. Dalam menjalankan pemerintahaannya di pusatkan di Kalinyamat sedangkan untuk tempat pesanggrahan atau  peristirahatan dan pertapaan di desa Mantingan yang sekarang menjadi makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat beserta keluarganya. dengan peninggalan yang dapat dilihat sampai sekarang berupa Masjid besar Mantingan.
Untuk mengingat jasa-jasa beliau Ratu Kalinyamat pada masa kecilnya, maka lahirlah kecamatan Kalinyamatan, yang sebelumnya bergabung dengan kecamatan Pecangaan. Adapun kata Kalinyamatan tersebut terdiri dari kata Kalinyamat yang mendapat imbuan an yang artinya Kalinyamat dan sekitarnya atau dengan bahasa yang enak artinya wilayah Kerajaan Kalinyamat dan sekitarnya.
Sumber = sejarah dari nenek moyang dan tokoh setempat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar